Surabaya Big Sale Goes To Surabaya Shopping Festival

Siapa menyangka jika even surabaya big sale bisa meningkatkan pendapatan daerah sampai 14 – 20 miliar hanya dalam 1 periode even ? Hal ini membuktikan bahwa dalam kurun satu periode even, Surabaya mampu menjajikan acara yang bisa memanjakan pengunjung dengan diskon – diskon belanja besar – besaran hingga 70% off harga. Prestasi yang ditorehkan Surabaya dalam even Surabaya Big Sale tidak hanya bersifat seremonial saja tapi melainkan barometer pengukur perekonomian Surabaya sebagai kota yang berevolusi menjadi kota wisata belanja.

Seperti yang sumber dibawah ini, Rupanya prestasi ini akan terus ditingkatkan seiring dengan peningkatan kunjungan wisatawan ke Surabaya untuk berbelanja. Kedepan, Surabaya akan menargetkan tingkat kunjungan wisatawan lukal dan bahkan luar negri lebih banyak lagi. Hal ini didukung dengan perubahan nama Surabaya Big Sale menjadi Surabaya Shopping Festival, surganya surga bagi para pengunjung yang hobi dan gembar berbelanja.

____________________________________

Rabu, 23 Apr 2008, Indo Pos Online
Kompak Ajak Belanja ke Surabaya

Surabaya Shopping Festival Sambut Ultah Kota Ke-715
SURABAYA – Pesta diskon terbesar di Indonesia tidak harus diselenggarakan di kota terbesarnya. Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia, punya program itu sebulan penuh. Untuk memperingati ulang tahun ke-715, Surabaya Shopping Festival (SSF) 2008 bakal diselenggarakan pada 1-31 Mei mendatang.

Program ini mungkin yang paling kompak di Indonesia. Berbagai elemen terpentingnya terlibat. Baik pemerintah kota, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), hingga media terbesar (Jawa Pos) sama-sama punya komitmen penuh untuk menggairahkan perekonomian kota.

Selama perhelatan itu berlangsung, 14 pusat perbelanjaan di Kota Pahlawan -dengan jumlah tenant lebih dari 4.000- berlomba-lomba memuaskan para pengunjung dengan diskon hingga 70 persen dan berbagai macam acara.

“Kami (peserta SSF 2008, Red) berkomitmen untuk memberikan diskon sebenarnya. Tidak sengaja menaikkan harga, kemudian baru didiskon,” kata Neil V. Storey, pimpinan advisor Mal Galaxy, sekaligus juru bicara 14 mal dalam perhelatan ini. “Untuk kali pertama di Surabaya, 14 pusat perbelanjaan terbesar bersatu bikin acara bersama. Dan saya rasa, ini juga yang pertama di Indonesia,” kata pria asal Australia yang berada di Surabaya sejak 1996 tersebut.

Dalam pertemuan terakhir di Mal Galaxy kemarin, seluruh perwakilan 14 mal hadir. Selain Neil, ada Alphonzus Widjaja (General Manager Tunjungan Plaza, yang juga mewakili grupnya, yakni Supermal Pakuwon Indah dan Royal Plaza).

Hadir juga Didi W. Simson (Direktur Pasar Atum Mall), Jaya Saputra (General Affair Manager ITC Mega Grosir), Franciska (General Manager Plaza Marina), Marliana Wijaya (General Manager Plaza Surabaya), dan Rudy Sukamto (General Manager Hi-Tech Mall). Tidak ketinggalan perwakilan WTC Surabaya, BG Junction, Darmo Trade Centre, Surabaya Town Square, dan Maspion Square.

Acara kemarin juga dihadiri Wakil Wali Kota Surabaya Arif Afandi, Wakil Direktur Jawa Pos Azrul Ananda, didampingi Hendy Mustafa (General Manager iklan Jawa Pos sekaligus ketua panitia SSF 2008).

Beberapa pejabat lain di antaranya Yayuk Eko Agustin, ketua Hari Jadi Kota Surabaya. Hadir pula perwakilan Surabaya Tourism Promotion Board (STPB) Gede Satria, Ketua P3I (Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia) Jawa Timur Beny Budi Pribadi, dan Ketua Asperapi (Asosiasi Perusahaan Penyelenggara Pameran Indonesia) Jawa Timur Rudy Soenardi.

Kemarin disampaikan pula bahwa pengunjung mal bukan hanya akan mendapatkan diskon. Ada juga hadiah total Rp 500 juta dari Bank Mandiri. “Kupon undian untuk hadiah itu bisa diperoleh di Jawa Pos dan di tempat belanja peserta SSF,” kata Hendy, didampingi Lucia Cicilia, sekretaris panitia SSF 2008 dari Jawa Pos.

Wakil Wali Kota Surabaya Arif Afandi mengatakan, kegiatan SSF ini bukan semata-mata seremonial, tapi juga sebagai ajang meningkatkan perekonomian Surabaya. Karena itu, diharapkan acara ini tidak hanya menarik perhatian warga Surabaya, tapi juga warga dari luar Surabaya. “Kalau perlu, dari luar negeri. Ini harus menjadi bulan kunjungan belanja di Surabaya,” katanya.

Arif mencontohkan, pada 2006 lalu, pendapatan daerah naik Rp 14 miliar ketika dihelat Surabaya Big Sale. Setahun berikutnya, peningkatannya lebih tinggi. Yaitu, di atas Rp 20 miliar. Tapi, waktu itu pendukungnya belum sebanyak dan sekompak tahun ini.

“Tahun ini penyelenggaraannya kami serahkan kepada pihak swasta. Diharapkan dengan bergantinya Surabaya Big Sale menjadi Surabaya Shopping Festival akan semakin besar dampaknya dan menjadi even paling ditunggu,” tandasnya.

Opening ceremony SSF diselenggarakan pada 1 Mei mendatang di Tunjungan Plaza I. Dibuka langsung oleh Wali Kota Surabaya Bambang D.H., pembukaan SSF 2008 sudah menjadi awal kegiatan belanja yang meriah dan menarik. Rencananya, 715 balon dilepas di lokasi pembukaan dan semuanya berisikan hadiah. Di luar, 14 mal peserta akan kompak mengadakan pesta kembang api. (rth/ign/tia)

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s